PWI Jabar Cetak Rekor Baru Penyelenggaran UKW Terbanyak di Indonesia

Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat mencetak rekor baru pada penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

topmetro.news – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat mencetak rekor baru pada penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Yakni pada Angkatan 49, 50, 51 tahun 2022, merekrut peserta UKW sebanyak 100 orang dalam satu hari penyelenggaraan.

Jumlah ini terbanyak jika menilik penyelenggaraan UKW-UKW oleh pengurus PWI provinsi di seluruh Indonesia.

Namun dari kuantitas itu, yang lulus sebagai wartawan berkompeten sebanyak 87 orang dan belum kompeten 8 orang. Rinciannya terdiri dari peserta UKW jenjang Muda 78 orang, Madya 10 orang, dan Utama 7 orang. Mereka langsung menerima ujian dari 18 orang penguji, yang merupakan wartawan senior dan telah memiliki legalitas formal dan jam terbang tinggi.

Penutupan acara UKW berlangsung di Grand Asrilia Hotel Convention dan Restaurant Jalan Pelajar Pejuang 45, No 123 Bandung, Rabu (16/11/2022) sore.

Menurut salah seorang penguji UKW yang juga pengurus PWI Pusat, H Wawan, peserta yang belum berhasil pada uji kompetensi ini, dapat ikut pada momen selanjutnya.

“Jadikan pelajaran UKW kali ini, untuk memperbaiki materi ujian pada seleksi berikutnya. Jangan berkecil hati bagi yang belum lulus, masih ada kesempatan lain. Dan bagi yang dinyatakan kompeten, jangan merasa besar hati pula. Jaga dan pedomani UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik dalam melaksanakan kerja kerja jurnlistiknya sampai kapanpun,” katanya melalui siaran persnya.

Sekretaris Umum PWI Jawa Barat Tantan Sulton Bukhori menuturkan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak baik. Baik jajaran penguji, peserta maupun panitia yang telah mensukseskan pelaksanaan UKW tersebut. Ia pun mengucapkan permohonan maaf karena Ketua PWI Jawa Barat H Hilman Hidayat, tidak bisa hadir pada penutupan UKW tersebut.

“Insha Allah setelah di Bandung, program Roadshow 1.000 UKW gratis ini, akan bergeser ke Kota Bogor. Menjangkau wilayah Bogor Raya, Cianjur, Sukabumi, dan daerah sekitarnya. Pelaksananya awal Desember 2022 mendatang,” kata Tantan.

Manfaat UKW

Mengenai pelaksanaan UKW sendiri, sambungnya, memiliki segudang manfaat. Baik bagi individu wartawan, perusahaan atau organisasi pers itu sendiri. Karena secara tidak langsung, UKW ini dapat meningkatkan harkat dan martabat jurnalis dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pers.

“UKW ini sebagai forum utama untuk meningkatkan eksistensi wartawan yang kompeten. Ujian ini jelas, dapat meningkatkan nilai, marwah, kualitas. Dan pembeda bagi wartawan abal-abal yang selama ini menodai citra dan profesi wartawan yang mulia ini,” tegasnya.

Tantan pun mengajak para peserta UKW untuk ikut bergabung ke PWI yang merupakan organisasi pers tertua. Kemudian dapat pengakuan Dewan Pers dan kepengurusannya itu tersebar di seluruh penjuru Tanah Air.

Bagi para peserta, UKW yang berlangsung dua hari itu banyak meninggalkan pengalaman berharga. Terlebih penyelenggaraan ujian ini tidak ada pungutan biaya satu rupiah pun. Padahal umumnya pendaftaran UKW ini memakan biaya yang tak sedikit.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment